Belajar Melodi Teknik Outside Bass

cara belajar bermain melodi gitar piano keyboard bass biola


Cara Bermain Melodi Outside Pada Bass


Cara, teknik, tips, tutorial bermain melodi bass dan alat-alat musik lainnya - apa itu outside ? bermain outside bahasa sederhananya bermain diluar jalur atau memainkan nada-nada 'yang seharusnya' tidak dipakai, pemain musik yang mampu menggunakan cara ini cenderung kreatif, artistik dan wah permainannya.

Bahkan musik yang baik dan jenius itu adalah bagaimana cara memanfaatkan nada-nada yang 'tidak aman' dan 'tidak terpakai' menjadi aman dan nyaman di telinga, ini baru luar biasa!

Persentase penggunaan outside yang ideal itu tidak melebihi penggunaan jalur yang normal (inside) artinya jangan juga berlebihan dan harus tahu timing yang pas serta sugesti yang coba ditawarkan ke pendengar...

contoh: jika kamu memainkan major scale C,D,E,F,G,A,B maka ada nada-nada yang tidak dipakai diantaranya; C#,D#,F#,G#,Bb ( dalam hal ini kita memakai logika kromatik yakni semua nadanya berjarak ½ ).


Nah nada-nada yang 'sumbang' itu (*menurut mayor) kita manfaatkan sedemikian rupa supaya bisa menjadi 'ornamen' bagi major scale, bisa kita jadikan passing note atau bahkan not jatuh (nah cara ini harus hati-hati).



(Words/Lesson By Dani MKD @Reyal Musik)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama