Belajar Bass Untuk Pemula, Mudah, Lengkap & Cepat

belajar bass, cara bermain bass, teknik bermain bass


Belajar Bermain Bass, Tutorial Cara Mudah Dan Lengkap Untuk Pemula

Instrument atau alat musik gitar bass atau biasa cukup disebut instrument bass adalah tergolong alat musik yang paling fundamental dan penting terutama jika permainan musik dalam format semi band maupun full band. Jika anda ingin belajar bass maka anda harus terlebih dahulu mengetahui fungsi utama bass, karakter instrumentnya dan cara memainkannya.

Bass adalah instrument yang memiliki frekuensi nada low, fungsi utamanya adalah mempertegas nada-nada low (rendah) dalam permainan komposisi musik, juga fungsi lainnya adalah pembentuk irama (ritem) musik.

Fungsi yang tak kalah pentingnya juga adalah sebagai instrument penyatu (blender) antara alat-alat musik / instrument perkusi (alat musik pukul seperti; drum, perkusi, dan lain-lain...) dan alat musik / instrument tonal (bernada seperti; gitar, piano, keyboard, biola, dan lain-lain).


Pentingnya Peran Bass Dalam Bermain Musik


Bass harus ada dalam permainan musik jika ingin disebut ideal, apalagi jika kita bermain dalam format band, karena range frekuensi permainan musik format band sangat lebar mulai dari frekuensi low (rendah), sedang (middle) hingga tinggi (high), kebutuhan akan bass sangat tinggi disini dan bahkan lebih penting keberadaannya daripada instrument harmonik macam gitar, piano, keyboard, dan lain-lain.


Video Belajar Bass Yang Lengkap / Mudah Untuk Pemula


Video tutorial bass untuk pemula berikut ini adalah video yang sangat penting untuk dikuasai oleh setiap bassis (pemain bass) terutama bagi para pemula karena video belajar bass berikut ini menjelaskan teknik-teknik dasar bermain bass, mengenal kunci-kunci dasar / chord bass beserta formulanya serta cara memainkannya.

Yang dibahas dalam video tutorial bass berikut ini adalah mengenal chord / kunci-kunci mayor bass, diantaranya: C, C# (Db), D, D# (Eb), E, F, F# (Gb), G, G# (Ab), A, A# (Bb), B dan juga mengenal chord / kunci-kunci minor bass, diantaranya: Cm, C#m (Dbm), Dm, D#m (Ebm), Em, Fm, F#m (Gbm), Gm, G#m (Abm), Am, A#m (Bbm), B.

Selamat menyimak dan semoga bermanfaat... 



VIDEO BELAJAR BASS - 12 CHORD MAYOR






VIDEO BELAJAR BASS - 12 CHORD MINOR








( Words & Lesson by Dani MKD @ReyalMusik ) 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama